KabarKabar P3MPilihan Editor

Raker P3M Rumuskan Program Kebijakan Strategis dan Peningkatan Kinerja

82
×

Raker P3M Rumuskan Program Kebijakan Strategis dan Peningkatan Kinerja

Sebarkan artikel ini

P3M.OR.ID. Dalam rangka meningkatkan kinerja dan merumuskan kebijakan strategis program, Perhimpunan Pengembangan Pesantren Dan Masyarakat (P3M) menggelar rapat kerja di Jakarta. Raker yang berlangsung pada 5-6 Februari 2024 ini diikuti oleh 35 peserta. Selain itu acara yang digelar di Hotel Aryaduta ini juga mengadakan halaqah.

Menurut Direktur P3M, KH Sarmidi Husna Raker P3M kali ini bertema Penguatan Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat. “Acara Raker P3M ini mempunyai beberapa tujuan utama yaitu pertama, meningkatkan kinerja dan performa P3M dalam menjalankan tugas dan fungsi keorganisasian. Kedua, merumuskan arah kebijakan strategis P3M. ketiga, Merumuskan program strategis P3M, jangka pendek dan menengah. Terakhir, menentukan format dan tata kelola organisasi P3M yang efektif dan efisien,” ungkap Kiai Sarmidi.

Lebih lanjut, Kiai Sarmidi menambahkan sejak berdiri tahun 1983, P3M mempunyai perhatian pada penyadaran dan pemberdayaan kalangan pesantren dan masyarakat dengan fokus pada empat sektor. Pertama, pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan kesadaran kritis dan kemampuan aksi-aksi perubahan. Kedua, kajian dan penelitian untuk memahami problem sosial kemanusiaan dan strategi-strategi perubahan. Ketiga, penyebaran informasi untuk membangun partisipasi publik yang luas dalam rangka aksi-aksi perubahan. Keempat, pendampingan untuk membangun sinergi sosial di kalangan masyarakat bawah dalam memecahkan problem mereka sendiri.

Kiai Sarmidi kemudian menjelaskan bahwa P3 M sangat konsen dalam bidang pemberdayaan, pengembangan pesantren dan masyarakat. “P3M senantiasa memperhatikan kondisi aktual baik di kalangan pesantren, masyarakat, negara dan global. Inilah yang kemudian akan menjadi dasar pertimbangan merumuskan arah kebijakan dan rencana program P3M selanjutnya,” tambah Kiai Sarmidi.

Program Kebijakan Strategis

Harapannya dalam Raker P3 M ini akan memberikan berbagai rumusan. Salah satunya adalah rumusan arah kebijakan strategis organisasi P3M. ” Kemudian rumusan program strategis P3M baik  jangka pendek dan menengah. Selain itu harapan saya juga ada kesepakatan format dan tata kelola organisasi P3M yang efektif dan efisien,” ungkap Sarmidi.

Dalam kesempatan tersebut juga ada halaqah sebagai acara pendahuluan. Diantara narasumber yang hadir untuk memberikan materinya adalah Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri RI danBank Syari’ah Indonesia (BSI)

Hadir dalam acara ini antara lain alumni dan Kepengurusan P3M masa khidmat tahun 2023-2028 terdiri dari DewanPembina P3M, Dewan Pengawas P3M dan Dewan Pelaksana P3M. Tampak pula turut memberikan arahan KH Masdar Farid Mas’udi dan Kh Abdullah Syarwani. Adapun acara raker kali ini dipandu oleh Kiai Helmi Ali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *