KabarPilihan Editor

Seruan Tokoh Bangsa Untuk Pemilu yang Bermartabat

231
×

Seruan Tokoh Bangsa Untuk Pemilu yang Bermartabat

Sebarkan artikel ini
Pertemuan SBY dengan tokoh tokoh Gerakan Nurani Bangsa

P3M.OR.ID. Para tokoh bangsa yang tergabung dalam Gerakan Nurani Bangsa(GNB) menyerukan pemilu berjalan damai, adil, dan bermartabat. Untuk  calon pemimpin yang sedang berkontestasi dalam pemilu sekarang perlu membimbing pendukungnya agar tetap menjaga semangat kebangsaan dan tidak terjebak pada semangat sesaat atau sekelompok saja,

Hal ini terungkap dalam bersilaturahmi antara GNB dengan Susilo bambang Yudhoyono di Cikeas pada Jumat lalu (12/1). Dalam pertemuannya dengan presiden keenam Republik Indonesia mereka berharap pemilu juga sarana memperkuat persatuan dalam kebinekaan. “Hasil pertemuan antara Gerakan Nurani Bangsa dan pak SBY salah satunya adalah terwujudnya pemilihan umum 2024 berjalan damai, adil, dan bermartabat sekaligus sarana memperkuat persatuan dalam kebinekaan,” kata Alisa Wahid. Tokoh Gusdurian ini menambahkan pertemuannya antara GNB dengan Susilo Bambang Yudhoyono adalah untuk mendapatkan informasi dan berbagi pengalaman  dalam menjalankan dan memfasilitasi proses transisi kepemimpinan melalui pemilu.

“Kami memiliki pandangan yang sejalan bahwa pemilu merupakan rangkaian dari perjalanan penting dan menentukan kehidupan bangsa dan negara, namun bukan pemberhentian terakhir. Proses transisi kepemimpinan telah diatur dalam mekanisme konstitusional. Maka keberhasilan proses transisi tersebut amat ditentukan oleh partisipasi semua pihak dalam mengawal proses Pemilu,” ungkap Alisa.

Pemilu Bermartabat

Tokoh GNB maupun SBY memiliki harapan sama untuk calon pemimpin yang bertarung dalam untuk menjaga martabat agar menjadikan demokrasi semakin matang. “Setiap calon pemimpin perlu membimbing pendukungnya agar tetap menjaga semangat kebangsaan dan tidak terjebak pada semangat sesaat atau sekelompok saja,”ujar Lisa.

Selain itu para tokoh yang hadir juga memiliki kesamaan pandangan bahwa para pemimpin negara selalu menjalankan amanah dalam berlaku adil. Selain itu dalam pertemuan tersebut sepakat untuk mengawal transisi kepemimpinan tetap berada dalam koridor garis demokratik.

Dalam kunjungan yang berlangsung di hari Jumat (12/1) itu tampak hadir beberapa tokoh.  Adapun tokoh bangsa tersebut adalah Dr. [HC]. Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Omi Komaria Nurcholish Madjid, KH. Sayyid Muhammad Hilal Al Aidid. Kemudian ada  Dr. (HC). H. Lukman Hakim Saifuddin, Prof. Dr. Komarudin Hidayat. Nampak pula  Erry Riyana Hardjapamekas Pendeta Pendeta Jacky Manuputty Ibu dan Alissa Wahid. Seperti diketahui sebelumnya GNB juga bertemu dengan Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *