Pilihan EditorProfil Pesantren

Pesantren Nur El Falah Banten dan Program Unggulannya

139
×

Pesantren Nur El Falah Banten dan Program Unggulannya

Sebarkan artikel ini

Pondok pesantren ini gencar melakukan pembinaan terhadap para cendekiawan. Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi pendirian pesantren. Selain itu pesantren Nur el Falah serius untuk membangun pesantren berbasis teknologi.

 

P3M.COM. Pondok Pesantren Nur El Falah belum lama ini menjadi tempat bagi pembukaan Sekolah Demokrasi Hybrid (SDH) bekerjasama dengan Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M). Menilik dari kesiapannya, pesantren ini sangat luar biasa dan mempunyai komitmen pengembangan basis digital.

Menengok sejarahnya pesantren ini berdiri pada tahun 1943. Pendirinya KH.Abdul Kabir adalah murid dari Hadratusyaikh KH.Hasyim Asyari yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Kiai Abdul Kabier masyhur juga sabagai salah satu tokoh pendidikan di Banten.

Sejak dekrit presiden 5 Juli 1959, KH. Abdul Kabir mulai fokus untuk hidmat di pesantren, setelah menjadi Wedana di Pamarayan, Wedana di Ciomas dan anggota konstituante Republik Indonesia wakil dari partai NU setelah gelaran Pemilu pertama 1955.

Selain mengasuh pesantren, KH. Abdul Kabir juga menduduki jabatan penting di pemerintahan. Beliau pernah menjadi pejabat di direktorat di Departemen Agama RI, hingga berakhir di tahun 1967. Setelah tidak bertugas di Departemen Agama, KH. Abdul Kabir, bersama KH. Syanwani Sampang Tirtayasa, dan KH. Amin.

Melansir dari laman resmi Pesantren Nur El Falah, pondok pesantren ini gencar melakukan pembinaan terhadap para cendekiawan. Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi pendirian pesantren. Selain itu pesantren Nur el Falah serius untuk membangun pesantren berbasis teknologi. Adapun pesantren berbasis teknologi yang dimaksud adalah orang tua dapat mengawasi para santri dengan cara online baik kehadiran, kesehatan, aktivitas, nilai, prestasi, tabungan dan pelanggaran.

Program Ungggulan Pesantren Nur el Falah

Untuk kegiatannya sendiri pondok pesantren membaginya menjadi empat tahapan, yaitu:

Pertama, Al-Mubtadi yaitu santri di didik untuk menguasai 140 pokok masalah agama baik tentang aqidah, fiqh ibadah, muamalah dan amaliyah sehari-hari agar santri dapat beribadah dengan baik dan sekaligus memimpin mereka Sholat, tahlil dan fase ini selesai dalam waktu maksimal 5 bulan.

Kedua, Tsanawi artinya santri didorong untuk mampu berkomunikasi dalam dua bahasa internasional. Pertama  bahasa Arab dan kedua  bahasa Inggris. Tahapan oleh santri harus selesai dalam waktu 6 bulan.

Ketiga, Aliyah yaitu tahap dimana peserta didik mempelajari kaidah ilmu Nahwu dan Sharaf. santri mendapatkan bimbingan  untuk menerapkan kaidah yang telah dikuasainya, yaitu membaca Kitab Kuning dengan benar dan tahap ini harus diselesaikan dalam waktu 6 bulan.

Keempat, Ulya adalah masa dimana santri menerima pelajaran agama baik Aqidah, Al-Qur’an, Hadits, Akhlak, Fiqh, Ushul Fiqh Tajwid, Tafsir, Balaghah, Mantiq dan lain-lain.

Pesantren memiliki jenjang pendidikan formal yang lengkap sehingga santri dapat memilih sesuai dengan keinginannya. Pesantren memiliki jenjang pendidikan formal seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (Mts), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas ( SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Perguruan tinggi STAIKHA (Sekolah Tinggi Agama Islam KH.Abdul Kabier).

Sedangkan program unggulan Pesantren Nur El Falah antara lain sebagai berikut:

1. Calon siswa diambil sidik jarinya dan akan diketahui dari hasil tes dalam hal potensi, sarana belajar, keterampilan, bakat dan lain-lain.

2. Siswa juga didorong untuk mahir dengan komputer dan teknologi

3. Pesantren yang kegiatan tahunannya mendatangkan Syekh dari Al-Azhar ke Mesir untuk membimbing santri membaca Al Quran dengan benar dan menghafal Al Quran tanpa hafalan.

4. Pesantren memiliki jenjang pendidikan formal yang lengkap sehingga santri dapat memilih sesuai dengan keinginannya.

5. Di pesantren ini ada beberapa jenjang pendidikan formal. Tercatat ada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (Mts), Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kemudian ada Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Keguruan (SMK). Selain itu ada Perguruan Tinggi STAIKHA (Sekolah Tinggi Agama Islam KH. Abdul Kabier).

Bagi yang ingin informasi lebih lanjut dapat melalui online yaitu www.psb.nurelfalah.or.id. Atau bisa datang langsung ke Pondok Pesantren Nur el Falah yang beralamat di jalan K.H Abdul Kabier KM.2 Kubang, Petir, Serang, Banten. Untuk informasi melalui WA bisa Anda menghubungi 081803888844.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *