KabarKabar Pesantren

Pesantren KH Soleh Darat di Semarang Resmi Berdiri

300
×

Pesantren KH Soleh Darat di Semarang Resmi Berdiri

Sebarkan artikel ini
Peersmian pesangtren KH Soleh Darat ( Foto NU Online Jateng/Samsul Huda))

P3M.OR.ID. Pesantren KH Soleh Darat resmi berdiri di Semarang, Jawa Tengah. Nantinya pesantren ini akan fasilitas pendidikan yang lengkap, pesantren ini juga akan berdiri fasilitas manasik haji dan umrah.

‘’Hadirnya Pondok Pesantren KH Soleh Darat dengan lembaga pendidikan Madrasah Aliyah, Masjid dan tempat manasik haji dan umrah akan menjadi ikon baru wisata religi Kota Semarang,’’ ungkap Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Semarang Ahad (28/1).

Menurut Hevearita adanya fasilitas tersebut akan membantu secara maksimal terwujudnya ikon baru wisata religi untuk melengkapi yang sudah ada di kota ini. Selain itu dirinya berjanji akan membangun sarana penerangan dan drainase saluran air pondok pesantren tersebut. Dia khawatir apabila drainase yang baik  akan merusak struktur bangunan pondok pesantren. Hal ini karena topografi wilayah tersebut berada di pegunungan.

Sementara itu Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) KH Anashom mengatakan, peresmian pesantren memanfaatkan momentum agenda tasyakuran peringatan hari lahir (Harlah) Ke-101 Nahdlatul Ulama (NU). ” Selain peresmian pesantren yang lokasinya berada pada komplek NU Center Kota Semarang ini. Selain itu ada juga peletakan batu pertama pembangunan masjid pesantren,” kata kiai Anashom di sela peresmian Pesantren KH Sholeh Darat. Ia mengatakan di komplek NU Center sudah berdiri Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) jurusan Rekaya Perangkat Lunak (RPL) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Multi Media.

Sedangkan Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad berharap keberadaan NU Center dapat menjadi tempat penggemblengan kader-kader NU yang visioner, kompetitif, dan berakhlaqul karimah An-nahdhiyah. ‘’Sehingga dari NU Center akan lahir sumber daya nahdhiyin yang dapat mengekspresikan ide, pemikiran, dan tindakan yang dapat merawat semua kebaikan yang ada dan terus dapat menciptakan kebaikan berikutnya,” pungkasnya. Selain walikota Semarang,  tampak hadir Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad, dan Anggota DPR RI Mochamad Herviano Widyatama. Selain itu ada Ketua PWNU Jateng Muzamil, Rais PCNU Kota Semarang KH Hanief Ismail, dan Ketua PCNU Anasom.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *