Program

Keberdayaan Masyarakat

38
×

Keberdayaan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Nama Program: Pemberdayaan Masyarakat (Community Development)
Program Officer Program: Imam Thoha
Sekretaris Program: Ahmad Ikrom
Program Pemberdayaan Masyarakat dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan warga masyarakat untuk tidak hanya tumbuh sebagai pemimpin agama di masjid, melainkah sekaligus mampu berperan sebagai pemimpin masyarakat dan katalisator bagi pembangunan sosial jamaáhnya dalam meningkatkan kecerdasan dan taraf hidup sosial ekonomi. Kegiatannya antara lain :
1.  Penelitian Aksi.
Penelitian Aksi dimaksudkan untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan sosial, ekonomi, kesehatan maupun lingkungan dalam wilayah tertentu dimana tokoh agama dan tokoh masyarakat dapat memainkan peran penting dalam ikhtiar pemecahannya.
  
2.  Bahtsul Masail Ijtimaíyah.

Bahtsul Masail ijtimaíyah dimaksudkan sebagai ajang para tokoh agama sebagai pelayan masyarakat dapat melakukan kajian terhadap persoalan-persoalan yang menyentuh kehidupan masyarakat serta serta kebijakan-kebijakan formal yang terkait dengan persoalan-persoalan tersebut. Dari kajian ini diharapkan dapat ditawarkan satu konsep kebijakan alternatif yang lebih bermanfaat, terutama untuk masyarakat banyak.

3.  Pelatihan-pelatihan.

  • Penyuluhan Lapangan, dimaksudkan untuk membina kader pengembang masyarakat di bidangsosial-ekonomi, kesehatan maupun lingkungan bagi para santri senior serta warga masyarakat umum.
  • Kewirausahaan, untuk membina para santri dan warga masyarakat sekitar pesantren yang berminat dibidang kewirausahaan, agar mampu mengembangkan usaha yang produktif sesuai dengan sumberdaya alam sekitarnya dan kondisi sosial-ekonomi masyarakatnya.
  • Bina Ketrampilan, untuk memberikan berbagai jenis ketrampilan (pertanian, perikanan, peternakan, jasa dan industri kecil) bagi para santri dan warga masyarakat sekitar pesantren dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan sosial mereka.

4.  Pendampingan Masyarakat.
Program Pendampingan Masyarakat dimaksudkan sebagai wujud perkhidmatan langsung kepada warga masyarakat, baik dibidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, administrasi dan manajemen kelembagaan, serta avokasi kebijakan publik. Program ini sekaligus berfungsi sebagai ajang untuk meningkatkan pengalaman, ketrampilan serta pengujian sikap para kader yang telah dilatih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *