Kabar P3M

Beasiswa Unggulan Menanti Alumni Pontren

21
×

Beasiswa Unggulan Menanti Alumni Pontren

Sebarkan artikel ini
P3M, YOGYAKARTA- Beasiswa unggulan (BU) bukan milik alumni sekolah favorit dan terkenal. Alumni pondok pesantren (pontren) dan madrasah memiliki kesempatan khusus meraih BU selama empat tahun dan mendapat gelar dobel (double degree).
Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Ir. Gumbolo Hadi Susanto, M.Sc menyatakan alumni pontren yang mendapat BU angkatan 2010 di UII prestasinya sangat bagus. “Nilai mereka cumlaude semua,” kata dia, Kamis (16/6).
Menurut dia, terdapat 123 penerima program BU angkatan 2010 di empat perguruan tinggi di Jateng-DI Yogyakarta, sebanyak 17 di antaranya alumni pesantren dan kuliah di lingkungan UII.
“Kami ingin anak-anak alumni pesantren hati dan ilmu agamanya bagus, otaknya Jerman, Amerika, Belanda atau menjadi ahli seperti di negara-negara maju,” ujar dia.
Khusus mahasiswa BU di UII, menurut dia, akan mendapatkan duble degree dari UII dan Saxion Universiy, Ultrech, Belanda. Perkuliahannya selama tiga tahun di UII dan setahun di Belanda. Mahasiswa FTI khususnya bisa bekerja di Belanda selama minimum dua tahun dan kamsimum lima tahun.
Sekretaris Pelaksana Program Pengembangan Karakter Mahasiswa BU di UII, Ir. Agus Taufiq, M.Sc menyatakan program BU didanai oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional, durasinya selama empat tahun.
Menurut dia sebanyak 123 penerima BU (UII, Politeknik Seni Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Unuversitas Dian Nuswantoro Semarang) diwajibkan mengikuti program pengembangan karakter, 17-19 Juni di UII.
Targetnya penerima BU bisa dijadikan teladan anti korupsi ketika mereka terjun di tengah masyarakat. (A-84/A-147)***
Sumber: Pikiran Rakyat Online, Kamis, 16 Juni 2011

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *