P3M mengadakan pelatihan Teknologi Pertanian di Bogor
0

P3M Online – Berkerjasama dengan penemu teknologi dan know-how formula produk “ZPT, Hayati dan Pupuk Organik” dari Teknologi Jimmy Hantu-150, Jimmy alias Sujimin, P3M mengadakan pelatihan Teknologi Pertanian di Bogor.

Acara di mulai kemarin malam, (16/01/2012), bertempat di Kampung Nyalindang RT 02/05, Sukamantri, Tamansari, Bogor. Untuk kemarin, kegiatannya hanya pembukaan yang dihadiri oleh Dewan Pengawas P3M, KH. Masdar F. Masudi.

“Peserta kegiatan ini dari jaringan P3M yang tersebar di berbagai daerah. Diantaranya yang hadir dalam pelatihan ini, dari Nganjuk, Sulawesi, Lampung, Rembang, Blitar, Sukabumi, Tegal, dan lain-lain,” tutur Imam Thoha, Program Officer Community Development.

Menurut Imam Thoha, P3M sejauh ini sudah melakukan berbagai kegiatan hal serupa di Lapangan seperti di Subang, Sukabumi, Lampung, Karawang dan Banyuwangi. Tidak hanya dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan kepada petani, yang pada umumnya petani di lingkungan santri yang menjadi basis dari P3M, selain juga pesantren itu sendiri. Kegiatan kali ini, adalah bentuk penguatan jaringan, dengan pengembangan kapasitas SDM kelompok-kelompok tani yang menjadi jaringan P3M. Di samping itu juga dalam pelatihan ini peserta akan dibekali materi yang tidak melulu teori, namun juga praktek langsung di lapangan.

Tempat pelatihan yang juga kediaman Jimmy, merupakan tempat pengembangan dan budidaya, dengan tempat yang cukup luas membaur di komplek warga desa Nyalindang. Di komplek pengembangan pengembangan dan budidaya itu, terdiri dari ternak seperti itik, ayam, enthog, dan berbagai macam buah dan sayuran, juga termasuk padi organik unggulan. Di tempat inilah, nantinya peserta akan langsung bersentuhan dengan materi-materi yang disampaikan Jimmy, mengaplikasikan langsung teori yang diterangkan.
Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari efektif, dimulai pagi ini, (17/01/2012), Pengolahan lahanpertanian, Penjelasan pupuk danbukan pupuk, perbedaan hormon danpupuk, siklus kehidupan tanaman, Istirahat dan shalatdzuhur, pembibitan/persilanganhibrida dari dini, reproduksi dan overloadpertanian, dan terakhir dalam sesi pertama ini peserta akan diberikan materi Gagalnya petani danpangsa pasar pertanian.

Untuk sesi berikutnya, Selasa, 18/01/2012, materi yang akan diberikan diantaranya; Pemilihan dan pemilahanbibit unggul, Pengolahan pakan ternakdari limbah pertanian, Istirahat dan shalat dzuhur, Menciptakan reproduksibibit unggul, Istirahat dan shalat asar, dan  Pengembangbiakan silangbibit unggul.

Di hari terakhir peserta akan mendapatkan materi;  Metode promosi, Ritel dan non ritel, Menciptakan pemodalan yangberdaya guna,  Menciptakan pekerjaan tanpapemodalan, Memilih pasar untuk dipilih, Praktek, Pembuatan pupuk organik, Stek anti cangkok dan Padi 75 hari panen.

Seperti yang disampaikan Jimmy, harapan dari pelatihan ini adalah munculnya petani-petani yang mampu mengembangkan diri dan peluangnya, menggerakkan petani bukan sebagai kelas bawah di negeri gemah ripah loh jinawi ini, “Menjadikan petani berdasi, membuat yang lazim menjadi tak lazim” tuturnya

Redaksi P3M

‘Desacralizing’ history

Previous article

RUU ORMAS: Poin Krusial Jangan Disikapi Anarkis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita