Humor SantriKhazanah Islam

Plesetan Mbah Wahab Soal Amtenar

151
×

Plesetan Mbah Wahab Soal Amtenar

Sebarkan artikel ini
KH Abdul Wahab Hasbullah adalah salah satu ulama yang suka lelucon

P3MONLINE. Banyak lelucon yang dilontarkan para kiai yang menyinggung keadaan sosial yang ada. Bahkan tak jarang joke atau lelucon tersebut sangat satire, sehingga membuat yang paham dengan dengan konteksnya bisa tertawa terbahak-bahak. Salah satunya datang dari KH Abdul Wahab Hasbullah atau yang kesohor dengan sebutan Mbah Wahab

Memang Kiai Wahab yang merupakan salah satu pendiri Nahdlatul Ulama kesohor sebagai kiai yang pandai dan suka berkelakar. Bahkan Kiai Wahab tidak hanya ingin melucu saja, tapi humor juga bisa menjadikannya sebagai dalil. Tidak salah kalau beliau memang terkenal dalam pandangan fiqihnya. Hal ini yang kemudian menjadikannya sering mendapatkan protes para kiai.

Pernah suatu ketika beliau mendapatkan protes atas jawaban pertanyaan-pertanyaan yang susah. Dengan entengnya Mbah Wahab menjawab, “Kayak Muhammadiyah saja tanya dalil.” Jawaban tersebut kontan tertawa dan tidak bertanya lagi.

Salah satu yang lucu adalah ketika beliau menyerukan keharaman jadi ambtenaar pada zaman Belanda. Pendapat ini kemudian menimbulkan pertanyaan dari para kiai bertanya.

“Kenapa haram?,” tanya kiai kepada Mbah Wahab.

Ternyata jawaban Mbah Wahab membikin kiai ngakak. Beliau tidak menjawab dengan dalil ayat-ayat Alquran, hadis atau teori-teori hukum. Namun beliau cukup dengan memlesetkan kata ambtenaar dengan antum fin nar. Kalimat ini  jika diterjemahkan menjadi kalian di neraka! Mendengar plesetan tersebut para kiai tertawa terpingkal-pingkal, dan menyetujui keharaman menjadi ambtenaar.

(Disadur dari laman alif.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *