Kepustakaan dan perpustakaan Islam di Indonesia, akhir-akhir ini menunjukkan adanya perkembangan yang menggembirakan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Kepustakaan tersebut tidak terbatas pada jenis buku atau majalah yang menggunakan bahasa Indonesia, melainkan juga ditulis dalam bahasa asing khusunya Arab dan Inggris.
Terhadap literartur yang berbahasa Arab ini, hingga sekarang nampaknya belum ada pedoman katalogisasi buku yang bisa dijadikan pedoman bagi para pustakawan dalam mengkatalogisasi bahan pustakanya. dalam pada itu, adalah suatu keharusan bahwa sebuah perpustkaan yang baik senantiasa mengolah buku-buku dan bahan pustaka lainnya secara sistematis dan taat asas. Dan salah salah satu kegiatan pengolahan buku adalah katalogisasi. untuk melaksanakan kegiatan katalogisasi– dalam hal ini buku-buku yang berbahasa Arab–para pustakawan kita sering mengalami kesulitan disebabkan dua hal; pertama, kurang menguasai bahasa Arab, dan kedua, karena belum adanya pedoman katalogisasi yang baku untuk buku-buku berbahasa Arab.
Kehadiran buku in terutama dimaksudkan untuk mengisi kekosongan buku pedoman dimaksud di atas, sehinga dapat membantu pustakawan, ketika menghadapi kesulitan bagaimana memproses buku-buku berbahasa Arab ke dalam sistem katalogisasi yang baku.
Judul : Katalogisasi Buku Berbahasa Arab
Penulis : Drs. M. Kailani Eryono
Penerbit : Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M)
Tahun : Cetakan ketiga, 1991
Tebal : vi+176 halaman

Category: Buku , Publikasi